Tips Merawat Handuk

Sebagian orang mungkin hanya akan memperlakukan handuk mereka dengan santai seperti melemparkannya atau malah meninggalkannya di tumpukan. Atau, ada juga yang tidak peduli jika handuk berubah warna.
Menjaga kebersihan Handuk merupakan sebuah keharusan. Tapi, beberapa orang mungkin kurang memperhatikan hal ini.
Tapi, tahukah Anda bahwa handuk bisa membuat Anda rentan terhadap bakteri dan penyakit. Nah, berikut tips menjaga kebersihan handuk.
1. Mencuci handuk secara teratur
Handuk digunkan setiap hari setelah mandi. Jika Anda tidak menjaga kebersihan handuk, itu berarti Anda akan membuat diri Anda kotor lagi segera setelah mandi.
2. Jangan menggunakan terlalu banyak deterjen
Jangan menggunakan terlalu banyak deterjen saat mencuci handuk. Ini akan membuatnya gatal dan tidak nyaman digunakan.
3. Cuci dengan air panas
Karena handuk adalah sesuatu yang selalu bersentuhan dengan tubuh Anda, maka disarankan untuk mencucinya dengan air panas, sehingga kuman dan bakteri yang menempel bisa dihilangkan.
4. Rutin mengganti handuk
Karena handuk bukan gaun yang digunakan di depan umum, maka sebagian orang cenderung malas menggantinya, kecuali benar-benar lusuh atau robek. Padahal disarankan untuk mengganti handuk setahun sekali.
5. Jangan gantung dua handuk dalam satu rak
Ini adalah cara yang tidak higienis, terutama jika dua handuk itu digunakan oleh dua orang berbeda. Jika Anda menggantung dua handuk bekas dalam satu rak, bakteri mudah terjebak di antara keduanya.